Lumajang, 21 Juni 2024 Kelompok Riset FUN_PraSE yang terdiri dari 3 dosen (Rizeki Dwi Fibriansari, S.Kep., Ners, M.Kep , Zainal Abidin, S.Pd., M.Kes., Anggia Astuti, S.Kp,. M.Kep) dan melibatkan mahasiswa yang menjadi perwakilan D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang, dalam  Tegakkan  Pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK) Klanting Mandiri Sejahtera melalui pemberdayaan masyarkat agricultural. Pada Masyarakat Agricultural yang dilakukan Selama Bulan Juni dan dilakukan di  wilayah kerja puskesmas Sukodono Klanting, Kabupaten Lumajang. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan membentuk masyarakat yang sehat secara berkelanjutan dengan pembelajaran melalui gaya hidup sehat. Kegiatan ini dihadiri oleh masyarakat agrikultural yang berada dimasing-masing wilayah Pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK) .

Foto kegiatan

Kegiatan yang dilakukan oleh kelompok riset FUN_PraSE memiliki  kontribusi dalam mengembangkan kemampuan Gaya hidup sehat dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kelompok, masyarakat dan juga diri sendiri dan berperan aktif kepada masyarakat untuk mewujudkan masyarakat yang bersih dan sehat. Gaya hidup sehat mencakup sejumlah faktor, seperti pola makan, tingkat aktivitas fisik, kebiasaan tidur, dan pengelolaan stres, yang secara bersama-sama dapat mempengaruhi berat badan dan kesehatan secara keseluruhan. Peningkatan kemandirian masyarakat di area agrikultural melalui gaya hidup sehat menjadi sangat penting untuk membantu masyarakat dalam mencapai derajat kesehatan yang optimal yaitu keadaan sejahtera fisik, mental dan sosial yang utuh dan bukan hanya bebas dari penyakit atau kelemahan kemampuan kader posyandu terkait peningkatan kepatuhan gaya hidup sehat masyarakat terutama diwilayah kerja puskesmas Sukodono Lumajang.

Pembentukan Pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK) dilakuakn diwilayah peternakan Klanting Lumajang, pelaksanan ini diawali dengan Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan yang dilakukan adalah dengan penyuluhan dan lesson learn dengan teman sebaya. Media yang digunakan adalah lembar balik/ leaflet dan media penyuluhan tentang manfaat gaya hidup sehat untuk kesehatan tubuh kemudian sosialisasi penerapan implementasi problem solving masyarakat dalam pemenuhan dasar keperawatan dengan pendekatan agronursing. Setelah itu dilakukannya  screening, pengobatan dan edukasi. Screening dilakukan untuk mengetahui tingkat gaya hidup sehat responden dan masalah yang paling banyak dialami oleh masyarakat agricultural, penjelasan mengenai beberapa cara untuk meningkatkan gaya hidup sehat oleh para dosen, penyampaian materi terkait masalah yang banyak muncul, dan tanya jawab dari masyarakat-masyarakat yang mengikuti kegiatan ini.

Tujuan yaitu untuk membentuk masyarakat yang sehat secara berkelanjutan dengan pembelajaran melalui gaya hidup sehat. Sasaran penyuluhan Peningkatan pengetahuan dan di Kelurahan Klanting Lumajang adalah masyarakat agrikultural meliputi petani, peternak, industri pertanian di wilayah kerja Puskesmas Sukodono Lumajang sejumlah kurang lebih sebanyak  20 orang. Kemudian kelompok riset fun_prase juga menyediakan tempat untuk melakukan screaning pada masyarakat agrikultural diwilayah peternakan klanting lumajang yang dibuka satu minggu dua kali dalam bulan juni  dengan dibantu oleh Perawat, dosen dan mahasiswa D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang.

This website uses cookies and asks your personal data to enhance your browsing experience. We are committed to protecting your privacy and ensuring your data is handled in compliance with the General Data Protection Regulation (GDPR).